Buku Allah dan Alam Semesta: Perspektif Tasawuf Falsafi karya Prof. Dr. KH. Said Aqil Siroj, M.A.

Buku Allah dan Alam Semesta: Perspektif Tasawuf Falsafi karya Prof. Dr. KH. Said Aqil Siroj, M.A.

Buku Allah & Alam Semesta: Perspektif Tasawuf Falsafi karya Prof. Dr. KH. Said Aqil Siroj, M.A.

Senang sekali memiliki buku karya Kyai SAS yang lagi booming, buah dari Disertasi sang Ketua Umum PBNU yang berjudul Shillatullah bi al-Kawn fi al-Tasawwuf al-Falsafi.

Beruntung saya pernah diajar langsung sama beliau ketika kuliah di Program Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan mata kuliah ilmu Tasawuf dan Ilmu Kalam. Kendati belajar langsung hanya beberapa semester, semoga menjadi bagian dari santri beliau. Beliau termasuk yang ditunggu kehadirannya dalam kelas, seingat saya beliau sangat memukau dalam mengajar dengan penguasaan literatur baik Timur maupun Barat yang tidak diragukan lagi.

Buku ini terdiri dari tujuh bahasan, yaitu: Tasawwuf falsafi: kelahiran dan perkembangan, ma’rifatullah, tuahid, fana, hulul, ittihad, dan wahdatul wujud.

Buku ini hadiah dari Dr. Muhammad Adib Abdushomad, Kasubdit Kelembagaan & Kerjasama Dir. PTKI yang juga wakil Rais Syuria PCNU  Tangselā©. Tidak lupa, membalas menghadiahkan buku buah karya tulis saya.

Kendati dalam aacara-acara PCNU Tangsel sering beretemu, namun kali ini lebih lama ngobrol dan diskusi ke NU an dan wacana Islam Indonesia yang menarik.

Meski buku Allah dan Alam Semesta termasuk bacaan agak berat, namun dengan sentuhan penerjemah dan editor nya, buku ini menjadi enak dibaca, pelan-pelan ditargetkan sepekan ini selesai membacanya.

Hasani Ahmad Said
Syuriah PCNU Tangsel
Pendiri Pusiat Elhasani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Muassis NU & Tokoh-tokoh Besar NI
Next post Ulang Tahun Nakhwa ke 8